LAUNCHING BUKU ANTOLOGI PUISI SELIMUT SAJAK DI ANGANCIPTA KARYA PELAJAR SMA KHARISMA BANGSA




S

ekolah Kharisma Bangsa pada hari Rabu, 18 Mei 2016 mengadakan acara peluncuran antologi puisi di AVR (Aula) Kharisma Bangsa. Buku antologi puisi berjudul Selimut Sajak di Angancipta karya para pelajar kelas 10 SMA Kharisma Bangsa.
Buku antologi puisi berjudul Selimut Sajak di Angancipta terdiri atas 126 pelajar dan 252 puisi serta 5 puisi guru bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Berjaya Buku bekerjasama dengan Yayasan Kharisma Bangsa.

Pada awal acara tersebu dibuka oleh pembacaan ayat suci Al-Quran dan dilanjutkan dengan diskusi buku oleh guru Bahasa Indonesia; Bapak Taufik Hidayat dan Ibu Yuniar Susanti. Diskusi tersebut membicarakan seputar proses kreatif dalam pembukuan puisi para pelajar. Dalam diskusi tersebut pembicara berharap buku ini dapat menjadi bibit-bibit yang akan berkembangkan karya-karya selanjutnya dan menjadi pupuk semangat bagi literasi di sekolah, khususnya di Kharisma Bangsa.

“Bermula dari projek menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 10 SMA Kharisma Bangsa, muncullah ide untuk membukukan puisi-puisi para pelajar tersebut. Selain itu, hal ini bertujuan untuk mengarsifkan karya-karya siswa yang memang sebelumnya hanya dibundel dan dijilid biasa saja”. Ujar Pak Taufik guru bahasa Indonesia.

Selain itu, dalam diskusi tersebut membicarakan juga mengenai tahapan dalam proses kreatif antologi puisi ini. Tahapan yang dilakukan siswa dalam pembukuan puisi ini yaitu para pelajar sebelumnya ditugaskan menulis 5 puisi untuk dikurasi dan dipilih 2 puisi untuk dimasukkan dalam antologi. Tim kurasi adalah guru bahasa Indonesia Taufik Hidayat dan Yuniar susanti. Selain itu, Tim musik Kharisma Bangsa memilih beberapa puisi untuk dimusikalisasikan dan dipentaskan dalam perluncuran antologi tesebut.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan peresmian peluncuran antologi puisi tersebut. Peluncuran antologi ini diresmikan oleh kepala Sekolah SMA Kharisma Bangsa Bapak Sutirto, S. Si, M. T. dan dihadiri para guru dan walikelas. Menurut beliau “Pembukuan karya ini merupakan projek pertama di sekolah yang dapat mengumpulkan karya dan menyatukannya dalam sebuah buku. Semoga hal ini bisa memotivasi mata pelajaran yang lainnya unuk membukukan hasil karya siswa”.
Kemudian setelah sambutan dari kelapa sekolah, acara dilanjutkan membagian buku secara simbolis  kepada para perwakilan pelajar kelas 10 SMA kharisma Bangsa. Setelah itu, dilanjutkan dengan doa bersama dan hiburan penutup, pembacaan puisi dan musikalisasi puisi dari tim musik kharisma bangsa.




sambutan serta peresmian oleh Bapak Sutirto selaku Kepala Sekolah


pemberian buku antologi secara simbolis oleh Bapak Sutirto selaku Kepala Sekolah







diskusi buku antologi puisi bersama Taufik Hidayat dan Yuniar Susanti

Tim musikalisasi puisi kharisma bangsa








Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMA NEGERI 1 CURUG: Dalam Kenangan

SDN BOJONGNANGKA: Si Lugu