DIKLAT BELISTRA 2012: Regenerasi Sampai Pada Generasi


kelapa tujuh, 24 Maret 2012Belistra adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKM) di Untirta. Sementara Belistra ini merupakan akronim dari Bengkel menulis dan sastra. UKM ini bisa dibilang sebagai komunitas sastra yang ada di kampus. UKMF Belistra ini dibilang masih berusia remaja. Terhitung baru Tahun 2010, Organisasi ini berdiri menjadi UKMF Untirta. Namun sebetulnya Belistra sudah ada di Untirta dari tahun 2005 itu pun baru hanya bentuk kumpulan atau sejenis komunitas saja.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan UKMF ini, salah satunya yaitu Diklat Belistra. Diklat belistra diadakan sebagai bentuk suatu rekontruksi penerimaan calon anggota yang akan di sahkan menjadi anggota ataupun dimasukkan ke dalam kepanitiaan. Hal ini bertujuan untuk regenerasi kepengurusan. Regenerasi kepengurusan memang selalu ada dalam suatu organisasi atau UKM dan sejenisnya.

Sastra sebagai objek UKMF ini adalah suatu potensi yang sangat digemari oleh mahasiswa, terutama Mahasiswa yang berada di Prodi Diksatrasia. Hal ini merupakan salah satu visi dari UKMF Belistra. Notaben peserta maupun panitia UKMF ini berasal dari Prodi Diksatrasia, tak sedikit pula dari Prodi Matematika dan lainnya. Selain itu ada visi yang menurutku sangat menarik yaitu, “sesuatu yang kelak retak, kita menjadikannya abadi” artinya menjadikan karya sastra atau tulis menjadi artefak pada masanya. Sedangkan misinya yang menarik sekaligus dijadikan sebuah seloga Belistra yaitu, “keduanya harus dicatat, keduanya dapat tempat” artinya bahwa lakilaki-perempuan, tua-muda, besar-kecil, kaya-miskin, dan sebagainya, harus dicatat dalam sejarah atau enulis sejarahnya sendiri, mewakili masanya, serta beroleh tempat dimana pun berpijak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMA NEGERI 1 CURUG: Dalam Kenangan

LAUNCHING BUKU ANTOLOGI PUISI SELIMUT SAJAK DI ANGANCIPTA KARYA PELAJAR SMA KHARISMA BANGSA

SDN BOJONGNANGKA: Si Lugu